Warta Jember

 
 
 
 
 
 
Anda membaca : Ekonomi Besuk!!, Pasar Baru Kencong Grand Opening

Besuk!!, Pasar Baru Kencong Grand Opening

Email Cetak

Pasar Baru Kencong, Jember dengan segala fasilitasnya rampung digarap, Rabu besuk (01/5/2013) akan jalani uji coba. (yn/wj.com)wartajember.com - “Istilahnya lebih tepat dengan uji coba pasar baru Kencong,” demikian kata Arifin, Komisaris PT Artha Wahana Persada mengartikan Grand Opening Pasar Baru Kencong yang dilaksanakan hari ini Rabu (1/5/2013). Dengan begitu, semua user secara keseluruhan yang terikat kepemilikan stand dan los dengan pihak PT Artha Wahana Persada, akan mengawali aktivitasnya sebagai pedagang di pasar baru Kencong.

Beberapa hari sebelumnya, beberapa event dan kegiatan menuju Grand Opening sudah digelar di area pasar tersebut. Seperti parade band, dan pertunjukan wayang kulit yang menjadi vaforit warga Kencong. “Lebih pada ucapan rasa syukur atas rampungnya pengerjaan lanjutan pasar ini,” tandas Arifin yang terkesan merendah dengan selesainya target pengerjaan lanjutan Pasar Baru Kencong.

Dengan demikian diharapkan, Pasar Baru Kencong menjadi asset daerah yang sekaligus menjadi sarana pemberdayaan ekonomi melalui usaha perdagangan. Beberapa program dan rencana untuk membuat dan menciptakan pasar tersebut menjadi pasar yang modern pun sudah dipersiapkan oleh pihak menejemen PT Artha Wahana Persada sebagai pengelola.

Termasuk menjaga situasi dan kondisi yang harus tetap kondusif, nyaman dan aman. Karena hal itu akan menarik investor dan pelaku ekonomi yang berkecimpung dalam usaha perdagangan, akan datang ke Pasar Baru Kencong. “Situasi yang konduksif dan aman, membuat para pelaku ekonomi tidak merasa khawatir kalau saja hendak menanamkan investasinya di Pasar Baru Kencong,” runtutnya.

Dengan program dan kiat-kiat yang sudah dipersiapkan pihak manejemen, Arifin yang Selasa siang didampingi H. QA Sayadi, Direktur PT Artha Wahana Persada merasa yakin bisa memenuhi harapan Pasar Baru Kencong untuk menjadi pasar modern dan menjadi pusat grosir. Satu kiat khusus pun sempat disampaikan Arifin, seperti rencananya membangun gudang penyimpanan stock barang yang menjadi fasilitas pendukung dari koperasi para pedagang pasar.

“Bahkan Koperasi Tunas Harapan milik para pedagang pasar itupun sudah kita lounching,” imbuhnya. Selain akan menyuplai barang dari sembilan kebutuhan pokok, koperasi juga akan berperan sebagai simpan pinjam, dengan jasa dan administrasi maksimal sama dengan bunga bank. Artinya, semua fasilitas dan program-program pengembangan pasar kedepan, menurut Arifin diciptakan untuk memudahkan para pedagang dan pelaku ekonomi lainnya, saat beraktivitas di pasar baru Kencong.

Karena dalam hal ini, PT Artha Wahana Persada tidak hanya mengemban pengerjaan lanjutan atas bangunan pasar baru Kencong semata. Namun juga dalam hal pengembangan pasar agar lebih mempunyai nilai plus dibanding dengan pasar lain. “Karena menjadi pasar modern dan menjadi pusat grosir adalah target kedepannya,” celatuk Direktur  PT Artha Wahana Persada, H. QA Sayadi.

Dengan segala fasilitas dan infra struktur yang ada di pasar baru Kencong, dijelaskan oleh H. QA Sayadi kalau pasar baru Kencong sangat memungkinkan untuk menjadi pasar modern dan menjadi pusat grosir. Dari 1.144 bangunan, yang terdiri dari 544 kios dan 604 los, menurut H. QA Sayadi sudah rampung penggarapannya. Itupan beserta bangunan-bangunan lain yang menjadi fasilitas pendukung yang ada di pasar.

Kalaupun masih ada beberapa pekerjaan kecil yang masih belum terselesaikan, seperti pemasangan fasilitas meteran listrik di beberapa kios, menurutnya bukanlah hal yang memberatkan. Karena hal itu terkait dengan peran dan tanggung jawab pihak ketiga, yakni PLN. “Dan sudah saya dapatkan kepastian, per tanggal 5 Mei nanti akan dilakukan pemasangan oleh pihak PLN,” terangnya.

Selebihnya, kepada para user yang sudah terikat kerja sama dengan PT Artha Wahana Persada sebagai pengelola, Arifin selaku dewan komisaris, dan H. QA Sayadi selaku direktur memohon do’a restu dan dukungannya atas grand opening atau uji coba pasar tersebut.